premium vs pertamax

sedikit info tentang BBM (bahan bakar minyak) yg beredar di negara kita dimana kabarnya mulai April besok harganya akan dinaikkan lagi oleh pemerintah yang beritanya mulai santer di tv-tv dan media massa ibu kota...(*pantesan gaji pada dinaikan ternyata bbmnya mau dinaikan juga...pinter pemerintah emang..)
amsyong dah...cekidot...

Apa Beda Bensin Premium, Pertamax dan Pertamax Plus ??

Premium adalah bahan bakar minyak jenis distilat berwarna kekuningan yang jernih. Premium merupakan BBM untuk kendaraan bermotor yang paling populer di Indonesia. Premium di Indonesia dipasarkan oleh Pertamina dengan harga yang relatif murah karena memperoleh subsidi dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. Premium merupakan BBM dengan oktan atau Research Octane Number (RON) terendah di antara BBM untuk kendaraan bermotor lainnya, yakni hanya 88. Pada umumnya, Premium digunakan untuk bahan bakar kendaraan bermotor bermesin bensin, seperti: mobil, sepeda motor, motor tempel, dan lain-lain.

Premium
1. Menggunakan tambahan pewarna dye
2. Mempunyai Nilai Oktan 88
3. Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah banyak


Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax, seperti halnya Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi. Pertamax dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Selain itu, Pertamax memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Premium. Pertamax direkomendasikan untuk kendaraan yang diproduksi setelah tahun 1990, terutama yang telah menggunakan teknologi setara dengan electronic fuel injection (EFI) dan catalytic converters (pengubah katalitik).

Pertamax
1. Ditujukan untuk kendaraan yang menggunakan bahan bakar beroktan tinggi dan tanpa timbal.
2. Untuk kendaraan yang menggunakan electronic fuel injection dan catalyc converters.
3. Menpunyai Nilai Oktan 92
4. Bebas timbal
5. Ethanol sebagai peningkat bilangan oktannya
6. Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain

Pertamax Plus adalah bahan bakar minyak produksi Pertamina. Pertamax Plus, seperti halnya Pertamax dan Premium, adalah produk BBM dari pengolahan minyak bumi, dihasilkan dengan penambahan zat aditif dalam proses pengolahannnya di kilang minyak. Pertamax Plus merupakan bahan bakar yang sudah memenuhi standar performa International World Wide Fuel Charter (IWWFC). Pertamax Plus adalah bahan bakar untuk kendaraan yang memiliki rasio kompresi minimal 10,5, serta menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers, dan catalytic converters.

Pertamax Plus
1. Telah memenuhi standart WWFC
2. BBM ini ditujukan untuk kendaraan yang bertehnologi tinggi dan ramah lingkungan
3. Menggunakan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI), Variable Valve Timing Intelligent (VVTI), (VTI), Turbochargers dan catalytic converters.
4. Tidak menggunakan timbal, alias tanpa timbal.
5. Mempunyai Nilai Oktan 95
6. Toluene sebagai peningkat oktannya
7. Menghasilkan NOx dan Cox dalam jumlah yang sangat sedikit dibanding BBM lain

 Bagi anda yang belum tahu tentang perbedaan bensin premium, pertamax dan pertamax plus, berikut ini gambaran umumnya. Pertamax adalah bahan bakar minyak andalan Pertamina. Pertamax biasanya digunakan untuk kenderaan high-end atau tahun tinggi. Pertamax pertama kali diluncurkan pada tahun 1999 sebagai pengganti Premix 98 karena unsur MTBE yang berbahaya bagi lingkungan. Unsur MTBE mengakibatkan pencemaran air tanah di Texas, Amerika Serikat.

Petrol (biasa disebut gasoline di Amerika Serikat dan Kanada; di Indonesia biasa disebut bensin) adalah cairan campuran yang berasal dari minyak bumi dan sebagian besar tersusun dari hidrokarbon serta digunakan sebagai bahan bakar dalam mesin pembakaran dalam. Istilah gasoline banyak digunakan dalam industri minyak, bahkan dalam perusahaan bukan Amerika. Kadangkala istilah mogas (kependekan dari motor gasoline, digunakan mobil) digunakan untuk membedakannya dengan avgas, gasoline yang digunakan oleh pesawat terbang ringan. Karena merupakan campuran berbagai bahan, daya bakar bensin berbeda-beda menurut komposisinya. Ukuran daya bakar ini dapat dilihat dari bilangan oktan setiap campuran. Di Indonesia, bensin diperdagangkan dalam dua kelompok besar: campuran standar, disebut premium, dan bensin super.

Oktan adalah angka yang menunjukkan berapa besar tekanan maksimum yang bisa diberikan di dalam mesin sebelum bensin terbakar secara spontan. Di dalam mesin, campuran bensin dan udara (berbentuk gas) bisa terbakar sendiri secara spontan sebelum terkena percikan api dari busi. Jadi, semakin tinggi angka oktannya, semakin lama bensin itu terbakar spontan. Pembakaran spontan ini menimbulkan ketukan di dalam mesin yang biasa disebut gejala ngelitik atau knocking. Pembakaran spontan ini sebisa mungkin dihindari dengan angka oktan yang tinggi. Jika masih menggunakan premium yang beroktan 88, maka mesin akan ngelitik atau knocking.

Tips untuk memilih BBM yang baik untuk kendaraan kita adalah penggunaan angka oktan yang harus sesuai dengan tekanan kompresi kendaraan kita. Semakin tinggi kompresinya maka sebaiknya menggunakan BBM berangka oktan tinggi. Untuk kendaraan berkompresi dibawah 9:1 masih dapat menggunakan premium namun untuk kendaraan dengan kompresi 9,1:1 sampai 10:1 sebaiknya menggunakan pertamax atau sejenisnya dan kendaraan dengan kompresi 10,1 keatas sebaiknya menggunakan pertamax plus atau sejenisnya. Apabila penggunaan kadar oktan tidak sesuai maka dapat menyebabkan piston menjadi bolong contohnya jika mobil keluaran tahun 2000 menggunakan oktan 88? Yang jelas piston menjadi bolong.

Bensin oktan 92 dikenal dengan nama Pertamax (produksi Pertamina), Super (produksi Shell), dan Primax (produksi Petronas). Sedangkan bensin oktan 95 biasa disebut Pertamax Plus (Pertamina), Super Extra (Shell), dan Primax95 (Petronas). Biasanya angka oktan rekomendasi pabrik ini dicantumkan dalam buku manual maupun di dekat tutup tangki bensin mobil.

Struktur bensin yang baik adalah dengan komposisi n-heptana 0% dan iso-oktana 100%, n-heptana adalah rantai karbon lurus sedangakn iso-oktana adalah rantai karbon bercabang. Apabila struktur suatu BBM lebih banyak rantai bercabangnya maka bensin tersebut lebih sulit untuk terbakar dan dikategorikan dalam bensin bermutu baik sebaliknya bila komposisinya lebih banyak rantai karbon lurusnya maka bensin tersebut bermutu kurang baik.

Ciri fisik:

  • Premium warna kuning
  • Pertamax warna biru
  • PertamaxPlus warna merah

Perbandingan Angka Oktan dan Kompresi Pertamax dan Premium :
  • Pertamax Plus, Oktan= 95, Kompresi= 10:1 – 11:1
  • Pertamax, Oktan= 92, Kompresi= 9:1 – 10:1
  • Premium, Oktan= 82, Kompresi= 7:1 – 9:1

Perbedaan pertamax dengan premium bagi performa mesin motor:

Motor dengan spesifikasi bahan bakar Pertamax jika menggunakan Premium » performa mesin + umur pakai mesin menurun. Motor dengan spesifikasi bahan bakar Premium jika menggunakan Pertamax » tidak berpengaruh besar pada performa motor.

Bila kedua jenis bahan bakar tersebut dipakai tidak sesuai dengan spesifikasi bahan bakar yang dibutuhkan mesin maka performa menjadi menurun. Hal itu berpengaruh terhadap emisi gas buang dihasilkan yang tentunya juga berpengaruh terhadap lingkungan.

Penggunaan Pertamax lebih irit meski beban yang diangkut motor berat. Sebab tidak ada detonasi dan menghasilkan tenaga yang besar. Beda dengan pemakaian Premium. Gas harus dipelintir dahulu sehingga lebih boros.

Perbedaan lainnya ada pada bau Pertamax yang lebih tajam lantaran menggunakan trik aromatic. Enggak hanya itu Pertamax juga lebih cepat menguap dibanding premium. Jika disulut api Pertamax akan lebih cepat menyambar ketimbang premium. Tapi jika dalam ruang bakar, Premium justru lebih mudah meledak (autoignition) dibanding Pertamax.

Sebenarnya penggunaan jenis bahan bakar apa pun harus disesuaikan dengan kebutuhan mesin agar didapat hasil yang optimal, efektif dan efesien.Motor kita baiknya diisi bensin apa ya? Ada pilihan bensin yaitu Premium, Pertamax dan Pertamax plus yang merupakan produk Pertamina,
dan ada juga bensin jenis lain dari perusahaan asing seperti Shell dan Petronas.

Mesin motor memerlukan jenis bensin yang sesuai dengan desain mesin itu sendiri agar dapat bekerja dengan baik dan menghasilkan kinerja yang optimal. Jenis bensin tersebut biasanya diwakili dengan angka / nilai oktan (RON), misalnya Premium ber-oktan 88, Pertamax ber-oktan 92 dan Pertamax Plus ber-oktan 95.

Tujuan mesin dibuat dengan perbandingan kompresi tinggi adalah untuk meningkatkan efisiensi (irit bahan bakar) dan menurunkan kadar emisi.
Semakin tinggi angka oktan, maka harga per liternya pun umumnya lebih tinggi. Namun belum tentu bahwa jika mengisi bensin ber-oktan tinggi pada mesin motor kita, kemudian akan menghasilkan tenaga yang lebih tinggi juga.

Dianjurkan mengisi bensin sesuai nilai rasio kompresi (kecuali ada modifikasi lain). Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin semakin lambat terbakar (dikarenakan titik bakarnya lebih tinggi). Semakin TINGGI nilai oktan, maka bensin lebih sulit menguap (penguapan rendah). Bensin yang gagal terbakar (akibat oktan terlalu tinggi), bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Berikut daftar bahan bakar motor dan mobil sesuai rasio kompresi :

YAMAHA
Vega-R (9.3:1) Pertamax
Vega-ZR (9.3:1) Pertamax
Mio (8.8:1) Premium
Jupiter (9.0:1) Premium
F1ZR (7.1:1) Premium
RX-KING (6.9:1) Premium
YT 115 (7.2:1) Premium
RZR (7:01) Premium
Nouvo (8.8:1) Premium
Crypton (9.0 : 1) Premium
Yamaha Alfa (7.2 : 1) Premium
Yamaha RXZ (7.0 : 1) Premium

Jupiter-Z (9.3:1) Pertamax
Jupiter MX-135LC (10.9:1) Pertamax Plus
Scorpio-Z (9.5:1) Pertamax
VIXION (10.4:1) Pertamax/pertamax plus
Majesty 125 (11:01) Pertamax Plus
Scorpio (9.5:1) Pertamax

SUZUKI
Satria FU (10.2:1) Pertamax/pertamax plus
Shogun New FL125 Series (9.6 : 1) Pertamax
Shogun FD125 X (9,5 : 1) Pertamax
Thunder 125 (9.2 : 1) Premium/Pertamax
Spin 125 (9.6:1) Pertamax
SkyWave 125 (9.6 :1) Pertamax

KAWASAKI
Kawasaki Blitz R 53 mm x 50.6mm 111 cc 9.3 : 1 (Pertamax)
Kawasaki Athlete 56 mm x 50.6mm 124.6 cc 9.8 : 1 (Pertamax)
Kawasaki Ninja 250 62 mm x 41.2mm 2x 250 cc 11.5 : 1 (Pertamax Plus)
Kawasaki KLX 250 72 mm x 61,2mm 249cc 11 : 1 (Pertamax Plus)
Kawasaki Ninja RR 150 7.2 : 1 (Premium)
Kawasaki Kaze 9.3 : 1 (Pertamax)

HONDA
Honda GL 100 52 x 49.5mm 105.1 cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda GL Max 56.5 x 49.5mm 124.1 cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda GL Pro 61.0 x 49.5mm 144.7cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda Supra 50.0 x 49.5mm 97.1 cc 8.8 : 1 (Premium)
Honda Tiger 63.5 x 62.2 mm 196.9cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda Megapro 63,5 x 49,5 mm 156.7cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda CS-1 58 x 47,2 mm 124.7 cc 10.7 : 1 (Pertamax Plus)
Honda Supra PGM FI 52,4 x 57,9 mm 124.8cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda Blade 50 x 55,6 mm 109.1 cc 9.0 : 1 (Premium)
Honda Vario 10, 7:1 (Pertamax Plus)
Honda CBR 150 R 11:1 ( Pertamax Plus)
Honda Beat 125 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda Scoopy 108 cc 9.2 : 1 (Pertamax)
Honda Absolute Revo 110 cc 9 : 1 (Premium)

*sumber : majalah MotoDream


Mobil :

Suzuki
Swift 9,5:1 Pertamax
Grand Vitara 10,5:1 Pertamax Plus
Grand Escudo XL-7 9,5:1 Pertamax
Escudo 2.0 9,3:1 Premium/Pertamax
Escudo 1.6 9,5:1 Pertamax
Baleno 9,5:1 Pertamax
Aerio 9,5:1 Pertamax
APV 9,0:1 Premium/Pertamax
Karimun 8,8:1 Premium
Katana 8,8:1 Premium
Carry 1.5 8,9:1 Premium
Carry 1.0 8,9:1 Premium
Carry 1.3 9,0:1 Premium
Esteem 1.6 GT 9,5:1 Pertamax
Side Kick 8,9:1 Premium
SX-4 10,5:1 Pertamax Plus

Honda
Jazz I-Dsi 10,4:1 Pertamax/Pertamax Plus
Jazz V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus
City I-DSi 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
City V-Tec 10,1:1 Pertamax/Pertamax Plus
Stream 1.7 9,5:1 Pertamax
Stream 2.0 9,4:1 Pertamax

Toyota
Starlet XL 1.000 cc 9,3:1 Premium/Pertamax
Starlet SE 1.3 9,5:1 Pertamax
Twin Cam 9,5:1 Pertamax
Great Corolla 9,5:1 Pertamax
Avanza 11:1 Pertamax Plus
Yaris 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Innova 2.0 9,8:1 Pertamax
Innova 2.7 9,7:1 Pertamax
Rush 10:1 Pertamax/Plus
Alphard 2400 cc 9.8 : 1 Pertamax
Alphard 3500 cc 10.8 : 1 Pertamax Plus

Nissan
X-Trail 2.0 9,9:1 Pertamax
Terano 8,3:1 Premium
Livina 1.5L 10,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Livina 1.8L 9,9:1 Pertamax
Sentra Genesis 9,3:1 Pertamax
Cefiro 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus

Daihatsu
Xenia EJ (vvti) 11:1 Pertamax Plus
Terios 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus
Taruna EFI 9,5:1 Pertamax/Pertamax Plus
Sirion 10,0:1 Pertamax/Pertamax Plus
Ceria 9,5:1 Pertamax

Mitsubishi
Eterna DOHC 9,8:1 Pertamax
Eterna SOHC 8,5:1 Premium
Lancer DOHC 10,5:1 Pertamax Plus

Dikutip dari berbagai Sumber (wikipedia dll.)

Semoga Bermanfaat

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

KABISAT

 Pagi blogger....semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat serta diberikan kemudahan dan perlindungan dalam menjalankan hidup kita masing2..aminn..:D
Oh iya sekarang ini kan tgl 29 februari...jdi berati hari ini adalah tanggal yg cuma ada dalam 4 th sekali dalam kalender penanggalan tahun masehi...Ya tepatnya sekarang adalah tahun KABISAT yaitu, tahun yang jumlah bilangannya bisa dibagi empat. Karena 2012 bisa habis dibagi empat maka tahun 2012 adalah termasuk kedalam tahun Kabisat dimana pada bulan Februari ini terdapat tgl 29nya.:D
 
Jadi selamat tanggal 29 Februari ya buat semua orang yang ada di muka bumi..enjoy your day enjoy your life..your'll never walk alone..
udah cuma mau bilang itu aja..:p


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

damai itu Rp. 50.000

Jika Anda Ditilang Mintalah Slip Biru
TRIBUNNEWS.COM/WAHYU AJI
slip biru



Laporan Wartawan Tribunnews.com, Wahyu Aji
TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Bagi para pengendara kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat, mungkin pernah mempunyai pengalaman kena tilang (tindakan langsung). Baik saat kedapatan razia maupun pada saat melakukan pelanggaran lalu lintas.
Kini jika Anda ditilang, siapapun berhak meminta slip berwarna biru. Selain ikut sidang dan membayar ke BRI, dengan slip biru pelanggar bisa memberi uang titipan ke petugas (polisi). Dengan cara ini, pelanggar secara langsung memberi kuasa kepada polisi untuk hadir disidang dan perkaranya akan disidangkan secara verstek.
Kalau slip merah, berarti kita menyangkal kalau melanggar aturan dan mau membela diri secara hukum. Kalau kita dapat slip merah, berarti kita akan disidang dan SIM/STNK kita harus kita ambil di pengadilan setempat.
Penegasan Kepala Direktorat Lalu lintas ini dituangkan dalam bentuk Surat telegram No. Pol: ST / 86/X/2008 dan ditujukan kepada seluruh para Kapolres dan para Kasat Lantas Jajaran Polda Metro Jaya.
Dengan klarifikasi ini memungkinkan pelanggar lalu lintas yang ditilang polisi dapat meminta kepada petugas di lapangan untuk ditilang dengan menggunakan blanko warna biru atau bisa juga blanko warna merah, seperti dikutip dari situs Polda Metro Jaya, Selasa (21/2/2012).
Berikut ini prosedur proses penilangan menggunakan tilang warna biru, pelanggar yang langsung mengakui perbuatannya akan diberi slip biru oleh polisi lalu lintas dan dapat menyetor denda ke BRI. Bukti setoran lalu dibawa ke kantor polisi untuk mengambil SIM/STNK.(*)

sumber : http://www.tribunnews.com/2012/02/21/jika-anda-ditilang-mintalah-slip-biru


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

dilema seorang wanita

cewe    :  say...kita putus yaa????
cowo   :   hmmm....padahal aku mau beli mobil biar kamu ga keujanan lagi klo kita lgi jalan...
cewe    :  heheeee....aku becanda ko sayang ngomongnya....cuma ngetes kamu aja.....:D
cowo   :   Sama ko say....aku juga tadi becanda ngomongnya......:D
cewe    :   Kehed....bagong tehh siaaa....!!!!
cowo   :   Maneh ta nu lebokkkk!!! =))
cewe    :   !@#$%^&*()_+{}":?><,./;'[]
cowo    :  =))=))=))=))=))=))

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Warna

Warna primer

Warna primer menurut teori warna pigmen dari Brewster adalah warna-warna dasar. Warna-warna lain dibentuk dari kombinasi warna-warna primer.
Pada awalnya, manusia mengira bahwa warna primer tersusun atas warna Merah, Kuning, dan Hijau. Namun dalam penelitian lebih lanjut, dikatakan tiga warna primer adalah:
  1. Merah (seperti darah)
  2. Biru (seperti langit atau laut)
  3. Kuning (seperti kuning telur)
Ini kemudian dikenal sebagai warna pigmen primer yang dipakai dalam dunia seni rupa. Campuran dua warna primer menghasilkan warna sekunder. Campuran warna sekunder dengan warna primer menghasilkan warna tertier. Akan tetapi secara teknis, merah - kuning - biru, sebenarnya bukan warna pigmen primer. Tiga warna pigmen primer adalah magenta, kuning dan cyan. (Oleh karena itu apabila menyebut "merah, kuning, biru" sebagai warna pigmen primer, maka "merah" adalah cara yang kurang akurat untuk menyebutkan "magenta" sedangkan "biru" adalah cara yang kurang akurat untuk menyebutkan "cyan"). Biru dan hijau adalah warna sekunder dalam pigmen, tetapi merupakan warna primer dalam cahaya, bersama dengan merah.

Landasan biologis

Pada dasarnya warna primer adalah bukan milik cahaya, tapi lebih merupakan konsep biologis, yang didasarkan pada respon fisiologis mata manusia terhadap cahaya. Secara fundamental, cahaya adalah spektrum berkesinambungan dari panjang gelombang, yang berarti bahwa terdapat jumlah warna yang tak terhingga. Akan tetapi, mata manusia normalnya hanya memiliki tiga jenis alat penerima/reseptor yang disebut dengan sel kerucut (yang berada di retina). Ini yang merespon panjang gelombang cahaya tertentu. Manusia serta spesies lain yang memiliki tiga macam reseptor warna disebut makhluk trichromat.
Spesies yang dikenal sebagai tetrachromat, dengan empat reseptor warna menggunakan empat warna primer. Manusia hanya dapat melihat sampai dengan 400 nanometer, warna violet, sedangkan makhluk tetrachromat dapat melihat warna ultraviolet sampai dengan 300 nanometer, warna primer keempat ini kemungkinan bertempat di panjang gelombang yang lebih rendah dan kemungkinan adalah warna magenta spektral murni lebih dari sekedar magenta yang kita lihat sebagai campuran dari merah dan biru.
Banyak dari jenis burung dan binatang marsupial merupakan makhluk tetrachromat.

Warna primer additif

Campuran warna additif
Alat/media yang menggabungkan pancaran cahaya untuk menciptakan sensasi warna menggunakan sistem warna additif. Televisi adalah yang paling umum. Warna primer additif adalah merah, hijau dan biru. Campuran warna cahaya merah dan hijau, menghasilkan nuansa warna kuning atau orange. Campuran hijau dan biru menghasilkan nuansa cyan, sedangkan campuran merah dan biru menhasilkan nuansa ungu dan magenta. Campuran dengan proporsi seimbang dari warna additif primer menghasilkan nuansa warna kelabu; jika ketiga warna ini disaturasikan penuh, maka hasilnya adalah warna putih. Ruang warna/model warna yang dihasilkan disebut dengan RGB (red, green, blue).

Warna primer subtraktif

Media yang menggunakan pantulan cahaya untuk untuk menghasilkan warna memakai metode campuran warna subtraktif.

Tradisional

Merah, Kuning, Biru / RYB (red, yellow, blue) merupakan rangkaian sejarah dari warna primer subtraktif. Khususnya digunakan dalam seni rupa (seni lukis). Ruang warna RYB membentuk triad warna primer dalam sebuah lingkaran warna standar; juga warna sekunder: violet, orange/jingga dan hijau. Triad warna tersusun dari 3 warna yang ekuidistan (berjarak sama) dalam sebuah lingkaran warna.
Pemakaian warna merah, biru, kuning sebagai warna primer menghasilkan gamut (rentang warna) yang relatif sempit/kecil, di mana, beberapa warna tidak bisa dicapai dengan campuran tersebut. Karena alasan itu, percetakan warna modern menggunakan campuran warna magenta, kuning, cyan.

 CMYK

Dalam industri percetakan, untuk menghasilkan warna bervariasi, diterapkan pemakaian warna primer subtraktif: magenta, kuning dan cyan dalam ukuran yang bermacam-macam.
Campuran warna subtraktif
Campuran kuning dan cyan menghasilkan nuansa warna hijau; campuran kuning dengan magenta menghasilkan nuansa warna merah, sedangkan campuran magenta dengan cyan menghasilkan nuansa biru. Dalam teori, campuran tiga pigmen ini dalam ukuran yang seimbang akan menghasilkan nuansa warna kelabu, dan akan menjadi hitam jika ketiganya disaturasikan secara penuh, tetapi dalam praktik hasilnya cenderung menjadi warna kotor kecoklatan. Oleh karena itu, seringkali dipakai warna keempat, yaitu hitam, sebagai tambahan dari cyan, magenta dan kuning. Ruang warna yang dihasilkan lantas disebut dengan CMYK (Cyan, Magenta, Yellow, Black). Hitam disebut dengan "K" (key) dari istilah "key plate" dalam percetakan (plat cetak yang menciptakan detail artistik pada gambar, biasanya menggunakan warna tinta hitam).


sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Warna_primer

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

DVB

Di wilayah yang jauh dari transmisi stasiun TV, untuk menangkap siaran TV harus menggunakan parabola. Perlengkapan tambahannya adalah DVB dan LNB agar bisa menyaksikan siaran TV. DVB yang dipasarkan secara meluas dikenal orang sebagai receiver digital. Siaran TV yang bisa ditonton secara gratis adalah yang berjenis FTA (free To Air), sedangkan beberapa Tv atau siaran tertentu seperti siaran sepak bola  harus menggunakan DVB decoder agar siaran tidak teracak.

DVB (Digital Video Bradcasting) adalah sejumlah standar yang mendefinisikan digital broadcasting menggunakan satelit, kabel dan infrastruktur terestrial. Awal 1990, vendor, penyelenggara jasa broadcasting dan lembaga regulasi di Eropa mendirikan European Launching Group (ELG) untuk mendiskusikan dan memperkenalkan digital television (DTV) ke seluruh Eropa.
ELG juga menyadari diperlukan kepercayaan dan kerjasama diantara anggota untuk mewujudkan DVB Project. Berkat kerjasama tersebut, DVB Project mendapat dukungan luas dan kini beranggotakan lebih dari 220 organisasi di 29 negara. DVB compliant digital broadcasting dan produk peralatan tersedia luas dan selalu menunjukkan DVB logo.
Sejumlah DVB broadcast services terdapat di Europe, Amerika, Afrika, Asia dan Australia. Terminologi TV digital kadang digunakan sebagai sinonim dari DVB. Namun ada standar lain di Amerika yang disebut Advanced Television Systems Committee (ATSC).
Keputusan fundamental DVB Project adalah dengan memilih MPEG-2, salah satu seri standar MPEG untuk kompresi signal audio dan video. MPEG-2 mampu mereduksi signal tunggal 166 Mbits menjadi hanya 5 Mbits, sehingga penyelenggara siaran dapat mengirim signal digital menggunakan eksisting media kabel, satelit dan terestrial secara efisien.
MPEG-2 menggunakan metode kompresi yang longgar, artinya signal digital yang dikirim adalah dalam kondisi terkompresi dengan menghilangkan sebagian data. Data yang dihilangkan tidak berpengaruh pada hasil akhir yang ditampilkan (misalnya resolusi pada televisi – yang tidak dapat ditangkap oleh mata manusia).
Dua format TV digital yang menggunakan kompresi MPEG-2 adalah Standard Definition Television (SDTV) dan High Definition Television (HDTV). Kualitas gambar dan suara SDTV setara dengan Digital Versatile Disk (DVD). Sedangkan program HDTV menyediakan 5 kali lebih banyak kapasitas informasi daripada SDTV, namun dengan kualitas gambar yang lebih rendah, setara film bioskop.
DVB menggunakan sistem conditional access (CA) untuk mencegah pembajakan. Banyak sistem CA tersedia sehingga content provider dapat memilih mana yang paling sesuai dengan kebutuhan layanan yang disediakan. Setiap sistem CA menyediakan modul sekuriti yang mengacak dan melakukan enkripsi data. Modul ini terintegrasi dalam perangkat penerima. Dalam perangkat penerima ini terdapat smart card yang berisi informasi pengguna (sebagai otentikasi).
Cara Kerja
1. Receiver menerima pancaran data digital dalam format MPEG-2 terenkripsi
2. Data masuk ke conditional access module, yang berisi algoritma pembuka enkripsi
3. Conditional access module memeriksa smart card yang berisi otorisasi pelanggan
4. Bila otorisasi diterima, conditional access module membuka data. Jika kode ditolak data tetap teracak/terenkripsi
5. Receiver melakukan decoding data dan menampilkannya. (sumber dari http://www.oprekpc.com)

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

MP3

(Motion Pictures Expert Group Layer 3)


Awal Mula Mp3
Awal Revoulsi Audio DigitalRevolusi audio digital dimulai sekitar tahun 1987, ketika Institut Fraunhofer di Jerman mulai mengembangkan suatu teknologi audio yang pada suatu saat nanti mungkin akan membuat CD Audio menjadi kuno sama seperti pita 8 track. Teknologi yang masih dalam pengembangan tersebut diberi nama MPEG Audio Layer 3 alias MP3, yang mampu mengubah file audio digital menjadi 1/10 ukuran dari ukuran file digital awalnya. Teknologi yang dikembangkan tersebut merupakan teknologi kompresi terhadap file audio digital.
Penemu MP3

Bill Gates menjadi legenda dan makmur karena sistem operasi ciptaannya, yaitu MS-DOS dan Windows, Linus Torvalds juga menjadi terkenal karena sistem operasi Linux yang dibuatnya. Namun, dikalangan ahli, ada seseorang yang merupakan legenda disebabkan oleh penemuan fundamentalnya dibidang audio digital. Ia adalah Dr. Karlheinz Brandenburg sang penemu MP3. Karya temuannya dipergunakan oleh hampir semua orang di bumi. Dr. Karlheinz Brandenburg mengembangkan penemuannya di Institut Fraunhofer Jerman.
P3 merupakan salah satu format file audio digital yang awalnya tersedia untuk PC (Personal Computer), namun pada perkembangannya MP3 mulai memasuki dunia yang lebih luas, tidak terbatas hanya pada PC tetapi juga perangkat pemutar audio digital layaknya CD Player sehingga dapat digunakan meskipun tanpa PC.
MP3 adalah singkatan dari MPEG Audio Layer 3, sebuah teknologi kompresi untuk file audio digital sehingga diperoleh ukuran file yang lebih kecil dibandingkan dengan format audio digital sebelumnya.
Awalnya, MP3 adalah track audio (Audio Layer) Video MPEG. MPEG sendiri merupakan singkatan dari Moving Picture Expert Group.Sebelum munculnya MP3, telah ada format file audio digital yang menggunakan teknologi kompresi, antara lain : AAC Dolby, WMA (Windows Media Audio), Real Audio, VQF.
Kompresi Mp3
Sedikit cerita tentang format file MP3 yang populer itu. Bicara soal MP3 tidak lepas dari format file MPEG (Motion Pictures Expert Group). MPEG (biasanya dilafalkan sebagai eM-PEG) kita kenal sebagai format standar dalam penyimpanan dan pendistribusian data multimedia terkompresi. Kita tahu, data berupa rekaman audio maupun video akan berukuran sangat besar, dan dengan demikian akan sangat menyita spasi di media penyimpanan. Teknik kompresi semacam MPEG dapat membantu mereduksi ukuran file multimedia tanpa menghilangkan informasi yang tersimpan didalamnya. Salah satu aplikasi MPEG yang paling populer adalah format VCD (Video Compact Disc). Sekedar tahu saja, saat kita menyetel film pada VCD, maka yang dilakukan oleh perangkat player VCD itu sebenarnya adalah membaca sebuah file yang disimpan dalam format MPEG di dalam cakram VCD dan menampilkan hasilnya di layar televisi.
Berbeda dengan format kompresi ZIP yang tetap mempertahankan struktur data aslinya (non-lossy), teknik kompresi pada MPEG bersifat lossy, yang artinya bahwa teknik ini menghilangkan sebagian informasi yang dianggap tidak signifikan. Dengan algoritma tertentu, yang disebut DCT (Discrete Cosine Transform), maka sebuah rekaman video dapat dikompres dengan rasio kompresi hingga diatas 10:1, artinya dari 10 MB data, dapat direduksi menjadi hanya 1 MB dengan kualitas yang hanya sedikit lebih rendah dari format file asli. Dengan semakin berkembangnya teknologi mikroprosesor, yang menghasilkan kecepatan pemrosesan data yang semakin tinggi, maka teknik kompresi MPEG dapat terus disempurnakan hingga menghasilkan kualitas gambar yang setara dengan aslinya. Format kompresi yang diterapkan pada DVD (Digital Versatile Disk) maupun siaran televisi digital contohnya, juga dikompres dengan metode MPEG, namun dengan algoritma yang lebih maju ketimbang yang diterapkan pada VCD.
Pada dasarnya, rekaman file multimedia yang tersimpan dalam format MPEG terdiri dari tiga layer (lapisan). Layer pertama adalah frame (bingkai gambar), berikutnya adalah motion (gerakan), dan layer ketiga, atau terakhir adalah sound (suara). Nah, file MP3 sebenarnya adalah file MPEG yang khusus hanya menangani layer yang ketiga itu saja. Maka itulah ia disebut demikian, yaitu singkatan dari MPEG Layer 3. Format file MP3 pertama kali dikembangkan oleh Karlheinz Brandenburg dari Universitas Fraunhofer, Jerman, pada sekitar tahun 1996. Karenanya algoritma MP3 juga sering disebut sebagai algoritma Fraunhofer.
Cara kerja kompresi MP3 ini adalah dengan menghilangkan suara-suara pada frekuensi yang tidak dapat didengar oleh telinga manusia. Cara ini memiliki efektifitas yang cukup signifikan. Apabila sebuah CD Audio (dalam format CDDA) dengan kapasitas sekitar 640 MB hanya mampu menyimpan rekaman sepanjang 70 menit, maka format MP3 memungkinkan sebuah file audio dengan data rate 128 kpbs sepanjang 1 menit hanya menghabiskan spasi sebesar 1 MB pada media penyimpanan. Hitung sendiri berapa banyak lagu yang bisa dijejalkan dalam satu keping CD bila rata-rata panjang sebuah lagu adalah sekitar 4-5 menit.

Karena dikompresi dengan metode lossy, sebenarnya kualitas suara pada file MP3 tidaklah sebagus rekaman aslinya dalam format CD -- walaupun masih jauh lebih baik daripada dengan media kaset. Karena itulah maka format MP3 tidak pernah diklaim sebagai 'sekualitas CD' (CD quality), melainkan hanya 'mendekati kualitas CD' (Near CD Quality). Namun demikian, bagi kebanyakan orang, perbedaan ini hampir-hampir tidak terasa. Mungkin bagi para audiophile (maniak audio) tetap bisa merasakan adanya perbedaan kualitas suara.
Legalitas Mp3
Sebenarnya isu yang melingkupi format file MP3 lebih banyak yang bersifat non-teknis ketimbang teknis. Secara teknis, algoritma MP3 memang masih terus dikembangkan dengan sasaran untuk memperoleh rasio kompresi yang lebih tinggi dengan kualitas suara yang lebih jernih. Namun demikian, masih diperlukan waktu yang lumayan lama untuk menyempurnakan format file MP3 yang kita kenal sekarang. Belum lagi faktor popularitas format MP3 yang terlanjur familiar bagi para user PC, sehingga format-format lain yang belakangan dikembangkan, seperti VQF atau MP4 tidak begitu memperoleh sambutan dari pasar.
Isyu yang sebenarnya justeru jauh dari persoalan teknis, yaitu berkaitan dengan hak cipta. Bukan rahasia lagi kalau berkembangnya format ini menyebabkan para pelaku industeri rekaman mencak-mencak. Hasil karya mereka yang berupa rekaman lagu dapat dengan mudah dikopi dan disebarluaskan, baik lewat internet maupun lewat CD bajakan yang di Indonesia sering dijajakan secara terbuka itu. Akibatnya jelas mereka harus menangguk kerugian yang tidak sedikit.
Ini diperparah lagi dengan munculnya layanan sharing file MP3 via jaringan peer to peer di internet. Layanan ini semula dipelopori oleh Napster (situsnya dulu di www.napster.com). Memanfaatkan layanan ini, pengguna internet dapat melakukan pertukaran file MP3 dengan user lain yang terhubung dalam jaringan internet. Penyedia layanan menyediakan sebuah software yang berfungsi sebagai semacam 'mesin pencari' untuk menemukan file MP3 yang sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan. File-file tersebut merupakan file yang sengaja disediakan oleh pengguna lain dari layanan yang sama. Jadi, layanan ini sama sekali tidak menyediakan file MP3, melainkan sebatas memfasilitasi pertukaran file antar penggunanya saja.
Pada akhirnya, tuntutan dari para pelaku industri rekaman berhasil memaksa Napster gulung tikar. Tapi ibarat kata pepatah 'gugur satu tumbuh seribu', maka layanan sejenis justeru bermunculan 'bak jamur di musim hujan'. Merasa kesulitan untuk melawan layanan semacam ini, industri rekaman mulai berganti jurus. Alih-alih memperkarakan penyedia layanan, mereka malah mulai membidik usernya. Beberapa user yang tertangkap tangan menggunakan layanan ini, kini harus berurusan dengan UU Hak Cipta Amerika Serikat yang terkenal keras itu dengan ancaman denda yang jumlahnya tidak main-main. Persoalan kemudian bergulir ke debat soal hukum yang tentunya tidak terkait lagi dengan masalah teknis
Dari CD Audio ke MP3
Punya koleksi setumpuk CD musik ? Daripada susah mengaturnya dan memainkannya di CD player biasa, bagaimana kalau lagu-lagu yang terekam pada CD musik ini diubah menjadi file MP3 dan dinikmati di komputer saja ?
Rip + Encode
Bila komputer Anda mempunyai drive untuk CD-ROM, mendukung multimedia, dan menjalankan Linux, maka konversi dari CD Audio menjadi file-file berformat MP3 adalah perkara mudah. Sejumlah utility yang tersedia untuk itu akan dibahas tuntas di sini. Sebagaimana aneka program untuk Linux, semuanya gratis dan cuma-cuma sehingga Anda tidak perlu merogoh saku. Tambahan lagi, utility-utility ini sudah ikut dipaketkan bersama CD-ROM InfoLinux sehingga tidak perlu repot mendownloadnya sekaligus menghemat waktu dan biaya.
Adapun perangkat lunak penunjang yang dibutuhkan ada dua, yaitu masing-masing untuk menyalin track-track audio ke file WAV dan untuk mengkonversi file WAV ini menjadi MP3. Secara istilah, langkah pertama sering disebut sebagai ripping dan langkah kedua adalah encoding. Program untuk melakukan ripping dan encoding berturut-turut dikenal sebagai ripper dan encoder.
Bagaimana sebuah ripper bekerja ? Pada dasarnya relatif sederhana, yaitu membaca data mentah audio dari track yang diinginkan dari CD dan kemudian mengkomposisikannya dalam format audio yang dapat sudah dimainkan oleh player biasa (seperti XMMS atau FreeAmp). Lazimnya format yang dihasilkan adalah WAV, sebuah standar de facto untuk file audio. Dengan demikian - nanti juga bisa Anda buktikan sendiri - keberadaan sound card tidak dibutuhkan manakala ripper dijalankan. Walhasil file WAV yang dihasilkan dari proses ripping akan sama persis dengan track audio di dalam CD, hanya formatnya berbeda. Hal ini juga bermakna bahwa tidak ada rugi-rugi (loss) yang terjadi sehingga kualitas file WAV ini sebagus dan sebersih track aslinya. Di sisi lain, karena format WAV adalah format yang tidak terkompresi, ukurannya akan luar biasa besar. Satu menit musik akan bersesuaian kira-kira dengan 12 MB data audio di file WAV. Dus, untuk rata-rata lagu, dibutuhkan tempat hingga sekitar 50 MB.
Mengingat betapa borosnya spasi hard disk jika lagu-lagu harus disimpan dalam format WAV, tentu saja akan lebih baik menggunakan format MP3. Dibandingkan WAV, MP3 hanya akan memakan tempat kira-kira 1 MB untuk musik selamat satu menit. Sekedar informasi, file MP3 menggunakan standar MPEG Layer 3 yang melakukan kompresi sinyal dengan membuang komponen audio yang nyaris tidak didengar oleh telinga manusia. Membahas secara rinci bagaimana teknik kompresinya sendiri ada di luar cakupan tulisan ini.
Sebuah encoder bertugas untuk mencomot informasi audio dari file input (misalnya file WAV hasil dari ripping) menjadi file musik berformat MP3. Ada beberapa parameter yang bisa diatur untuk proses encoding diantaranya kanal dan bitrate. Kanal menentukan apakah hasil MP3-nya harus mono, stereo, maupun joint-stereo. Mungkin pembaca ada yang masih asing dengan pengertian joint-stereo. Pada dasarnya joint-stereo adalah satu trik untuk mengkodekan sinyal frekuensi rendah secara mono sementara sisanya tetap stereo.
Meniru prinsip kerja subwoofer, hal ini menyebabkan reduksi ukuran sinyal yang terkompresi sembari tetap mempertahankan kualitas. Bitrate menentukan jumlah bit yang akan digunakan untuk mengkodekan sinyal audio per detiknya, sering diekspresikan dalam satuan kilobits per second (kbps). Encoding pada bitrate 128 kbps berarti kira-kira 128 ribu bit digunakan per detiknya, atau kira-kira 16 KB. Bitrate yang semakin tinggi menghasilkan kualitas yang semakin mendekati aslinya. Sebagai pegangan, pada bitrate 192 kbps, sebuah sinyal audio hampir-hampir tidak bisa dibedakan dengan kualitas CD.


souce :berbagai sumber

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

motivasi itu bijak

Hati yang penuh syukur, bukan saja merupakan kebajikan yang terbesar, melainkan merupakan pula induk segala kebajikan yang lain. ~ Cicero   Contoh yang baik adalah nasehat terbaik. ~ Fuller

Jika kita melayani, maka hidup akan lebih berarti. ~ John Gardne

Apabila di dalam diri seseorang masih ada rasa malu dan takut untuk berbuat suatu kebaikan, maka jaminan bagi orang tersebut adalah tidak akan bertemunya ia dengan kemajuan selangkah pun. ~ Bung Karno

Kita semua hidup dalam ketegangan, dari waktu ke waktu, serta dari hari ke hari; dengan kata lain, kita adalah pahlawan dari cerita kita sendiri. ~ Mary McCarthy

Apa yang nampak sebagai suatu kemurahan hati, sering sebenarnya tiada lain daripada ambisi yang terselubung, yang mengabaikan kepentingan-kepentingan kecil untuk mengejar kepentingan- kepentingan yang lebih besar. ~ La Roucefoucauld

Semua yang dimulai dengan rasa marah, akan berakhir dengan rasa malu. ~ Benjamin Franklin

Hati yang penuh syukur, bukan saja merupakan kebajikan yang terbesar, melainkan merupakan pula induk segala kebajikan yang lain. ~ Cicero

Orang yang berhasil akan mengambil manfaat dari kesalahan-kesalahan yang ia lakukan, dan akan mencoba kembali untuk melakukan dalam suatu cara yang berbeda. ~ Dale Carnegie

Istilah tidak ada waktu, jarang sekali merupakan alasan yang jujur, karena pada dasarnya kita semuanya memiliki waktu 24 jam yang sama setiap harinya. Yang perlu ditingkatkan ialah membagi waktu dengan lebih cermat. ~ George Downing

Ancaman nyata sebenarnya bukan pada saat komputer mulai bisa berpikir seperti manusia, tetapi ketika manusia mulai berpikir seperti komputer. ~ Sydney Harris

Cara untuk menjadi di depan adalah memulai sekarang. Jika memulai sekarang, tahun depan Anda akan tahu banyak hal yang sekarang tidak diketahui, dan Anda tak akan mengetahui masa depan jika Anda menunggu-nunggu. ~ William Feather

Dalam masalah hati nurani, pikiran pertamalah yang terbaik. Dalam masalah kebijaksanaan, pemikiran terakhirlah yang paling baik. ~ Robert Hall

Belajarlah dari kesalahan orang lain. Anda tak dapat hidup cukup lama untuk melakukan semua kesalahan itu sendiri. ~ Martin Vanbee

Orang-orang hebat di bidang apapun bukan baru bekerja karena mereka terinspirasi, namun mereka menjadi terinspirasi karena mereka lebih suka bekerja. Mereka tidak menyia-nyiakan waktu untuk menunggu inspirasi. ~ Ernest Newman

Orang-orang yang sukses telah belajar membuat diri mereka melakukan hal yang harus dikerjakan ketika hal itu memang harus dikerjakan, entah mereka menyukainya atau tidak. ~ Aldus Huxley

Kebanyakan dari kita tidak mensyukuri apa yang sudah kita miliki, tetapi kita selalu menyesali apa yang belum kita capai. ~ Schopenhauer

Musuh yang paling berbahaya di atas dunia ini adalah penakut dan bimbang. Teman yang paling setia, hanyalah keberanian dan keyakinan yang teguh. ~ Andrew Jackson

Sesuatu yang belum dikerjakan, seringkali tampak mustahil; kita baru yakin kalau kita telah berhasil melakukannya dengan baik. ~ Evelyn Underhill

Perbuatan-perbuatan salah adalah biasa bagi manusia, tetapi perbuatan pura-pura itulah sebenarnya yang menimbulkan permusuhan dan pengkhianatan. ~ Johan Wolfgang Goethe

Jika orang berpegang pada keyakinan, maka hilanglah kesangsian. Tetapi, jika orang sudah mulai berpegang pada kesangsian, maka hilanglah keyakinan. ~ Sir Francis Bacon

Karena manusia cinta akan dirinya, tersembunyilah baginya aib dirinya; tidak kelihatan olehnya walaupun nyata. Kecil di pandangnya walaupun bagaimana besarnya. ~ Jalinus At Thabib

Bersikaplah kukuh seperti batu karang yang tidak putus-putus-nya dipukul ombak. Ia tidak saja tetap berdiri kukuh, bahkan ia menenteramkan amarah ombak dan gelombang itu. ~ Marcus Aurelius

Kita melihat kebahagiaan itu seperti pelangi, tidak pernah berada di atas kepala kita sendiri, tetapi selalu berada di atas kepala orang lain. – Thomas Hardy

Kaca, porselen dan nama baik, adalah sesuatu yang gampang sekali pecah, dan tak akan dapat direkatkan kembali tanpa meninggalkan bekas yang nampak. ~ Benjamin Franklin

Keramahtamahan dalam perkataan menciptakan keyakinan, keramahtamahan dalam pemikiran menciptakan kedamaian, keramahtamahan dalam memberi menciptakan kasih. ~ Lao Tse

Rahmat sering datang kepada kita dalam bentuk kesakitan, kehilangan dan kekecewaan; tetapi kalau kita sabar, kita segera akan melihat bentuk aslinya. ~ Joseph Addison

Bagian terbaik dari hidup seseorang adalah perbuatan-perbuatan baiknya dan kasihnya yang tidak diketahui orang lain. ~ William Wordsworth

Kita berdoa kalau kesusahan dan membutuhkan sesuatu, mestinya kita juga berdoa dalam kegembiraan besar dan saat rezeki melimpah. ~ Kahlil Gibran

Semua orang tidak perlu menjadi malu karena pernah berbuat kesalahan, selama ia menjadi lebih bijaksana daripada sebelumnya. ~ Alexander Pope

Teman sejati adalah ia yang meraih tangan anda dan menyentuh hati anda. ~ Heather Pryor

Banyak kegagalan dalam hidup ini dikarenakan orang-orang tidak menyadari betapa dekatnya mereka dengan keberhasilan saat mereka menyerah. ~ Thomas Alva Edison

Tiadanya keyakinanlah yang membuat orang takut menghadapi tantangan; dan saya percaya pada diri saya sendiri. ~ Muhammad Ali

Kebanggaan kita yang terbesar adalah bukan tidak pernah gagal, tetapi bangkit kembali setiap kali kita jatuh. ~ Confusius

Jadilah kamu manusia yang pada kelahiranmu semua orang tertawa bahagia, tetapi hanya kamu sendiri yang menangis dan pada kematianmu semua orang menangis sedih, tetapi hanya kamu sendiri yang tersenyum. ~ Mahatma Gandhi

Dia yang menciptakan mata nyamuk adalah Dzat yang menciptakan matahari. ~ Bediuzzaman Said Nursi

Penderitaan jiwa mengarahkan keburukan. Putus asa adalah sumber kesesatan; dan kegelapan hati, pangkal penderitaan jiwa. ~ Bediuzzaman Said Nursi

Kebersamaan dalam suatu masyarakat menghasilkan ketenangan dalam segala kegiatan masyarakat itu, sedangkan saling bermusuhan menyebabkan seluruh kegiatan itu mandeg. ~ Bediuzzaman Said Nursi

Menghidupkan kembali agama berarti menghidupkan suatu bangsa. Hidupnya agama berarti cahaya kehidupan. ~ Bediuzzaman Said Nursi

Seseorang yang melihat kebaikan dalam berbagai hal berarti memiliki pikiran yang baik. Dan seseorang yang memiliki pikiran yang baik mendapatkan kenikmatan dari hidup. ~ Bediuzzaman Said Nursi

Pengetahuan tidaklah cukup, maka kita harus mengamalkannya. Niat tidaklah cukup, maka kita harus melakukannya. ~ Johann Wolfgang von Goethe

Pencegahan lebih baik daripada pengobatan. ~ Johann Wolfgang von Goethe

Kearifan ditemukan hanya dalam kebenaran. ~ Johann Wolfgang von Goethe

Ilmu pengetahuan tanpa agama adalah pincang.
~ Einstein

Perdamaian tidak dapat dijaga dengan kekuatan. Hal itu hanya dapat diraih dengan pengertian. ~ Einstein

Agama sejati adalah hidup yang sesungguhnya – hidup dengan seluruh jiwa seseorang, dengan seluruh kebaikan dan kebajikan seseorang. ~ Einstein

Dua hal yang membangkitkan ketakjuban saya – langit bertaburkan bintang di atas dan alam semesta yang penuh hikmah di dalamnya. ~ Einstein

Apa yang saya saksikan di Alam adalah sebuah tatanan agung yang tidak dapat kita pahami dengan sangat tidak menyeluruh, dan hal itu sudah semestinya menjadikan seseorang yang senantiasa berpikir dilingkupi perasaan rendah hati. ~ Einstein

Sungguh sedikit mereka yang melihat dengan mata mereka sendiri dan merasakan dengan hati mereka sendiri. ~ Einstein

Berusahalah untuk tidak menjadi manusia yang berhasil tapi berusahalah menjadi manusia yang berguna. ~ Einstein

Tidak semua yang dapat menghitung dapat dihitung, dan tidak semua yang dapat dihitung dapat menghitung. ~ Einstein

————————————
** Dari berbagai sumber

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

tanpa putus asa





dan kesuksesan itu seperti matahari




maka butuh keduanya untuk melihat pelangi yang indah


  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

Share it

newstickers

Loading...

WIB

Ada kesalahan di dalam gadget ini

aquatic

iklan layanan masyarakat

info orang hilang