Selasa, 20 Maret 2012

3 Fasa

Sistem 3 Fasa PLN

Pernah listrik di rumah anda mati?, sedangkan ada beberapa tetangga yang listrik rumahnya tenang-tenang saja pada waktu yang sama.. Padahal jarak rumah anda sangatlah berdekatan dengan rumah mereka. Mungkin semua ibu-ibu rumah tangga sudah pernah mendengar alasan ini dari petugas PLN, bahwa rumah anda beda saluran (line) dengan rumah lainnya yang listriknya tidak mati. :D
Disini akan saya berikan gambaran tentang system pengawatan listrik PLN dari gardu (sumber) ke rumah-rumah warga. Pada dasarnya listrik 220 volt yang disalurkan ke rumah anda tersebut adalah aliran listrik 3 fasa (phase), tapi setelah sampai di rumah anda menjadi 1 fasa. Kalau anda pernah memperharikan tiang listrik, terus anda bertanya-tanya pada diri anda sendiri, “kenapa ada 3 kawat/saluran di tiang listrik?”. Nah, itulah kira-kira gambaran secara kasarnya system 3 fasa. Tiga fasa itu dimaksudkan disini adalah gabungan dari 3 sinyal AC tunggal (sinus)yang berbeda sudut fase. Berikut gambar sinyal AC (sinus) dari sumber utama listrik PLN (sebelum dikirim ke rumah-rumah).

                                             Gambar Sinyal 3 fasa

Jadi, total kabel PLN itu sebenarnya ada 4 kabel,  terdapat 3 saluran (line) dan 1 kabel netral. Bagaimana sampai disini anda mengerti??:D Kemudian tiap rumah akan mendapatkan 2 kabel dari saluran tiang listrik tersebut, yaitu 1 kabel saluran (line) dan 1 kabel netral. Berikut gambar ilustrasinya :

                                                sistem pengawatan (wiring) listrik PLN

Sepertinya gambar yang saya bikin kurang jelas, maka akan saya jelaskan sedikit :mrgreen: Gambar kotak gede (A,B,C,D,E) diatas, diibaratkan rumah warga. Sedangkan 4 garis horizontal ditengahnya adalah (Line 1,2,3 dan Netral). Listrik yang telah masuk ke rumah anda sekarang bukan lagi 3 fasa melainkan 1 fasa, karena hanya terdiri 1 saluran. Namun tidak semua bangunan di masuki oleh listrik 1 fasa, pada umumnya hotel-hotel, apartment atau gedung pencakar langit memiliki listrik 3 fasa karena memerlukan banyak daya.


Anda lihat stop kontak ini.. Lubangnya pasti ada 2, iya kan? Yang satu netral, yang satu lagi saluran listrik (line) yang di dalamnya ada 1 gelombag tunggal sinus (AC) 220 volt.
Sedangkan tembaga di tengah-tengah nya, itu namanya ground (tanah). Fungsinya untuk menggrounding sinyal AC sehingga efek negatifnya dapat tersalurkan atau ternetralisir ke bumi.
Mudah-mudahan jadi pengetahuan tambahan tentang kelistrikan bagi anda yang belum mengetahuinya. :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan layanan masyarakat

info orang hilang