Sabtu, 29 September 2012

9 titik asumsi


Try It !

 Perhatikan gambar sembilan buah titik di bawah ini.


Tugas bloggers adalah membuat kesembilan titik di atas terlewati oleh LIMA buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).
Ini sih gampang ya bloggers! Dengan cara berpikir biasa pun, kita sudah bisa dapat jawabannya. Jawabannya seperti gambar di bawah ini.



Sekarang, coba lewati kesembilan titik tersebut dengan EMPAT buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).
Sekarang, pemikiran kreatif atau “think out of the box” sudah mulai diperlukan. Gue kasih hint: cobalah fokus kerjakan apa yang diminta, jangan biarkan pikiran bloggers dikekang oleh asumsi-asumsi yang bloggers buat sendiri.
Udah dapat jawabannya? Jawabannya adalah sebagai berikut.





Untuk menemukan jawaban ini, bloggers harus “think out of the box”. Tidak ada aturan bahwa garis-garis tersebut harus ada dalam area kesembilan titik tersebut, jadi janganlah membuat asumsi sendiri. Ketika kita melepaskan asumsi tidak berdasar tersebut, kita akan dapat melihat jawaban yang tidak terlihat sebelumnya.
Mungkin beberapa dari bloggers udah sering melihat permainan di atas. Tapi, sekarang gue akan kasih bloggers kejutan ekstra. Gue mau mengajak bloggers semua untuk berpikir dengan lebih kreatif lagi, untuk tidak sekedar “think out of the box”, tapi “think out of the room”. Berikut adalah tantangan untuk para bloggers.
Cobalah lewati kesembilan titik tersebut dengan TIGA buah garis lurus yang bersambungan (tidak terputus).
Kalau bloggers udah berhasil, gue akan menantang bloggers semua untuk melewati kesembilan titik tersebut dengan SATU buah garis lurus!
Apakah tantangan ini mungkin untuk dipecahkan? Ya, kalau bloggers bisa menghilangkan asumsi-asumsi yang tidak relevan dan membatasi bloggers, bloggers akan dapat melihat solusinya dengan mudah.

Buat bloggers yang penasaran jawabannyaaaaaaaaaaaaaaa.... tunggu dulu ! :p

"YANG BISA KITA AMBIL DARI PERMAINAN INI"

Kita harus membebaskan diri kita dari asumsi-asumsi yang tidak relevan yang membatasi pikiran kita, dan kita akan temukan solusi-solusi dari masalah yang tidak pernah kita pikirkan sebelumnya bloggers! :D


Ini adalah jawaban dari tantangan diatas tadi, yaitu melewati sembilan titik dengan TIGA buah garis lurus yang bersambungan.

Kebanyakan orang menambahkan asumsinya sendiri, bahwa garis yang dibuat harus melewati TENGAH titik-titik tersebut. Padahal, yang diminta hanyalah melewati titik, entah di tengah atau di pinggir. Ketika kita melepaskan asumsi tersebut, solusi di atas akan dapat ditemukan dengan mudah.
Nah, sekarang, bagaimana caranya kita melewati kesembilan titik tersebut hanya dengan SATU garis lurus? Sekali lagi, tidak ada aturan yang mengatur tebal garis bukan? Sekarang coba bloggers bayangkan bloggers mempunyai sebuah kuas yang besar, dan menyapu kesembilan titik tersebut sekaligus dengan satu garis lurus yang dibuat oleh kuas itu. Hasilnya kurang lebih seperti gambar berikut.

Masih berpikir tantangan tadi tidak mungkin diselesaikan? Ternyata, ketika kita mengubah pola pikir kita dan membuang asumsi-asumsi yang tidak relevan yang membatasi kita, kita akan dapat melihat solusi yang dahulu kita tak dapat melihatnya.

sumber : teka-teki charles 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

iklan layanan masyarakat

info orang hilang