Kamis, 05 Januari 2012

Full Mesh -Skywire-

VSAT Mesh merupakan pengembangan dari jenis VSAT TDMA (Time Division Multyple Access), tapi keuntungan dari mesh adalah HUBless (tanpa HUB) dan tiap remote dapat berkomunikasi secara langsung jadi tanpa harus melalui perantara HUB, dengan kata lain pada system Mesh hanya terjadi satu hop apabila remote satu melakukan komunikasi dengan remote lainnya. Konsep TDMA yang digunakan di Mesh bisa dimanfaatkan untuk menghemat penggunaan Bandwidth transponder karenanya banyak pengguna VSAT SCPC (Single Chanal Per Carrier) berpindah menggunakan VSAT TDMA terutama Mesh.

Radyne salah satu perusahaan satcom internasional (yang saat ini telah merger dengan perusahaan Comtech) mengeluarkan satu modem Mesh yang mereka beri nama Skywire, modem ini menggunakan konsep mesh. Instalasi dan penggunaannyapun cukup mudah. Pada skywire terdapat satu buah modulator yang outputnya L-Band (950 MHz - 1,7 GHz) dan Receive-nya (950 Mhz - 2,050 GHz), Modem ini memiliki 4 buah demodulator (pada modem standart hanya 2 yang terinstall) demodulator2 ini berfungsi untuk membuat cluster2 gruop, dimana tiap satu demodulator bisa di gunakan untuk membuat satu group, tiap group 8 remote. Bukan hanya Mesh bahkan modem ini juga bisa diimplementasikan dalam beberapa topology antara lain : True Full Mesh, Hub and Spoke, dan Hybrid. Dalam konsep Mesh kita tidak membutuhkan peran Hub, tapi pada konsep Hub and Spoke kita memerlukan Hub sebagai pusat traffic (dengan kata lain memanfaatkan topology star network).
Modem Skywire ini juga menyediakan sebuah software untuk melakukan manageman bandwith, grouping, dan tentunya control remote. Penggunaan software ini sangat mudah, kita hanya perlu mendaftarkan gateway dari masing2 modem yang ingin kita daftarkan dalam satu cluster (group), untuk pengaturan bandwidht hanya tinggal mengatur EIR dan CIR nya saja. Dan pada skywire kita bisa menerapkan Bandwidht sharing tergantung keperluan pada implementasinya.

http://nurjai.wordpress.com/2009/05/08/full-mesh-skywire/

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini

WIB

Ada kesalahan di dalam gadget ini
Ada kesalahan di dalam gadget ini

iklan layanan masyarakat

info orang hilang